Tutorials Tips and tricks how to understand computer science network easy fast and complete


Banyak jalan menuju roma, itulah kata-kata bijak yang terucap dari bapak-bapak ibu guru ketika mengajarkan murid-muridnya agar menjadi pintar alhasil murid-muridnya melakukan berbagai cara agar dia bisa menjadi pintar. Ada yang membuat jadwal belajarnya setiap harinya minimal belajar dua jam sehari, ada yang selalu membawa buku untuk dibacanya setiap dia memiliki waktu untuk membacanya tentunya, ada juga yang ikut les, atau malah ikut Khursus.

Tapi anehnya ada beberapa orang yang terlahir cerdas hanya dengan mendengarkan apa yang diterangkan oleh gurunya,ia langsung dapat menangkap semua materi yang dimaksud, hanya dengan berlatih sendiri dirumah, orang tersebut sudah menguasai materi, bahkan hanya dengan membaca terlebih dahulu materi yang akan diajarkan oleh gurunya, orang tersebut bisa jauh lebih mengerti dari pada gurunya.

Banyak jalan menuju roma tersebut kaitanya dengan Belajar jaringan Komputer adalah kita tidak harus memiliki semua alat yang diperlukan dalam membuat sebuah jaringan komputer seperti, router, swich,dll yang mungkin harganya terlalu mahal untuk ukuran pembelajaran pribadi, yang kita butuhkan disini hanylah sebuah software untuk simulasi jaringan komputer. Software simulasi tersebut bernama packet Tracer. Langsung saja pada instalasi Aplikasi / Software Paket Tracer, Lanjut klik 2x aplikasi Packet Tracer-nya atau klik kanan lalu open.

Akan Muncul Tampilan Seperti Di Bawah Ini welcome to the Packet Tracer Setup wizard Kemudian tekan next
Ada kotak dialog licennce Agreement pilih i accept the agrement (pilih setuju), lalu tekan next.
Akan muncul kotak dialog Select Destination Location pilih dimana program akan diletakan biasanya: C:\Program Files\lalu tekan next..... Kemudian next lagi.
Muncul kotak dialog Select Additional Task , pilih apakah akan di buat icon di dekstopnya? Bisa di bilang Akan Membuat Shorcut Di Tampilan Utama Layar Komputer /Laptop Anda, Lalu tekan next...
KemudianMuncul kotak box ready to instal lalu tekan instal ==>> proses instalasi berlangsung.
jika sudah selesai proses instalasi maka akan keluar kotak box Completing thePacket Tracer setup wizard, pilih ceklist Launch Packet Tracer lalu tekan finish, akan keluar halaman kerja untuk membuat simulasi jaringan komputer.

Sebelumya mari kita pelajari tentang pengertian Jaringan komputer. Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk .Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting .Akses informasi: contohnya web browsing .Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server).

yang dimksud dengan perangkat jaringan lainnya tersebut misalnya switch,router,dll yang mungkin harganya terlalu mahal untuk ukuran pembelajaran pribadi,sebagai penggantinya yang kita butuhkan disini hanylah sebuah software untuk simulasi jaringan komputer. Software simulasi tersebut bernama packet Tracer. jalankan software Packet Tracer, akan muncuk halaman Kerja untuk membuat simulasi. Lalu Kita Buka Aplikasi / software Packet Tracernya.

Pilih Gambar Router Lalu Di Grag Ke Tengah - Tengah Lembar Kerja.


Lakukan hal yang sama dengan gambar2 yang berbeda switch, computer/PC,kabel connections yang dibutuhkan. 

Desain jaringan yg akan kita buat adalah dengan Routing protocols (EIGRP)
Routing adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah internetwork. Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat hinggap dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router. Router-router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang ia terima kepada router lainnya hingga sampai kepada tujuannya

EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) adalah Cisco proprietary routing protokol loosely berdasarkan asli IGRP.  EIGRP merupakan lanjutan jarak-vector routing protocol, dengan optimasi untuk meminimalkan kedua rute ketidakstabilan yang timbul setelah perubahan topologi, serta penggunaan bandwidth dan proses power dalam router.


EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) adalah Cisco proprietary routing protokol loosely berdasarkan asli IGRP.  EIGRP merupakan lanjutan jarak-vector routing protocol, dengan optimasi untuk meminimalkan kedua rute ketidakstabilan yang timbul setelah perubahan topologi, serta penggunaan bandwidth dan proses power dalam router.



Konfigurasi EIGRP pada Router1 :
o Router1(config)#router igrp 10 o Router1(config-router)#network 20.0.0.0  o Router1(config-router)#network 15.0.0.0 o Router1(config-router)#^Z

Dengan cara yang sama pada Router2
Kembali Ke halaman kerja Lagi Mari Di Drag Kembali gambar peralatan yang dibutuhkan.
Klik 2x router 1 Tab ke CLI
Router>enable 
Router#configure terminal 
Router(config)#interface fa 0/0 
Router(config-if)#ip address 15.0.0.1 255.0.0.0 
Router(config-if)#no shutdown Router(config-if)#exit 
Router(config)#interface fa 0/1 
Router(config-if)#ip address 10.0.0.20 255.0.0.0 
Router(config-if)#no shutdown  

Klik 2x router 2 Tab ke CLI 
Router>enable 
Router#configure terminal 
Router(config)#interface fa 0/0 
Router(config-if)#ip address 15.0.0.2 255.0.0.0 
Router(config-if)#no shutdown Router(config-if)#exit 
Router(config)#interface fa 0/1 
Router(config-if)#ip address 20.0.0.20 255.0.0.0 
Router(config-if)#no shutdown 
Seting EIGRP….. 

Klik 2x router 1 Tab ke CLI 

Router(config)#router eigrp 10 
Router(config-router)#network 10.0.0.0 
Router(config-router)#network 15.0.0.0 

Klik 2x router 2 Tab ke CLI 

Router(config)#router eigrp 10 
Router(config-router)#network 20.0.0.0 Router(config-router)#network 15.0.0.0 Klik2x PC1 tab DESKTOP pilih IP CONFIGURATION-Static  
Ip Address   :  10.0.0.1 
Subnet Mask  : 255.0.0.0 
Default Gateway   :  10.0.0.20
Lalu Klik 2x PC2 Tab DESKTOP pilih IP CONFIGURATION-Static seting Ip Adressnya....
Ip Address  :  20.0.0.1 
Subnet Mask :  255.0.0.0 
Default Gateway : 20.0.0.20


Setelah selesai lihat halaman kerja....
Cek koneksi dengan ping... hingga benar - benar... terkoneksi (Reply...) 
Dari PC1 ke PC2 
PC>ping 20.0.0.1 
Pinging 20.0.0.1with 32 bytes of data: 
Reply from 20.0.0.1:bytes=32 time=62ms TTL=128 
Reply from 20.0.0.1: bytes=32 time=31ms TTL=128 
Reply from 20.0.0.1: bytes=32 time=31ms TTL=128 
Reply from 20.0.0.1: bytes=32 time=31ms TTL=128 Ping statistics for 20.0.0.1: 

Packets : Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss), Approximate round trip times in milli-seconds : 

Minimum = 31ms, Maximum = 62ms, Average = 38ms 
Dari PC2 ke PC1 
PC>ping 10.0.0.1


Selamat Belajar Jaringan Dengan Senang..........

Subscribe To Get The Latest Updates:

0 Response to "Tutorials Tips and tricks how to understand computer science network easy fast and complete"

Post a Comment

Before We Say Thank you for everything, and receive Suggestions and comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel